+ -

Pages

Kamis, 03 Juli 2014

Cara Menganalisa Masalah

Untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada, baik dalam kehidupan pribadi, pekerjaan ataupun masyarakat luas, maka diperlukan terlebih dahulu menganalisa masalah tersebut.
Semakin baik analisa masalah, maka akan semakin baik solusi yang ditawarkan.
Berikut teknik2 menganalisa masalah:
1. Jalur Menuju Kondisi Ideal
Anda ambil 3 lembar Kertas, kemudian Tuliskan masalah atau kondisi anda sekarang ini di kertas yang 1, kemudian tuliskan kondisi yang anda harapkan di kertas yg ke 3. Yang terakhir tuliskan apa kira2 yang harus anda lakukan di kertas yang ke2.
2. Mengapa, Mengapa?
Teknik ini juga disebut dengan teknik pohon masalah. Tuliskan Masalah anda, kemudian mulai tanyakan mengapa masalah itu terjadi?. anda sekarang sudah mendapatkan alasan2 pokok mengapa masalah tsb terjadi. Sekarang anda tanyakan lagi mengapa alasan2 pokok tersebut terjadi?. Setelah anda mendapat alasan2 tsb, kemudian tanyakan lagi mengapa alasan2 tsb terjadi sampai anda mendapatkan akar masalahnya.
Jika anda sudah menemukan akar masalahnya, maka akan sangat mudah bagi anda untuk menemukan solusinya.
3. Enam laki2 Pelayan.
Ebam laki2 pelayan adalah sebuah alat analisa masalah yang namanya adalah: what and why and When and How and Where and Who.
Atau dalam bahasa Indonesia “Apa” dan “Mengapa” dan “Kapan” dan “Bagaimana” dan “Dimana” dan “Siapa”.
Tanyakan untuk dua sisi positif dan negatif.
4. Kelopak Bunga Teratai
Ambil sebuah Kertas kemudia tuliskan masalah anda, kemudian tanyakan mengapa hal itu terjadi. Tuliskan 8 penyebab yang terpenting mengelilingi Masalah tersebut.
Kemudian anda ambil lagi 8 lembar kertas, kemudian anda tuliskan penyebab yang terpenting tadi di masingimasing kertas. Satu kertas tuliskan 1 penyebab yang terpenting.
Berikutnya tanyakan dan tuliskan 8 penyebab dari masing2 penyebab utama tadi dan tuliskan di masing2 kertas.
5 Serba Serbi Blogger Setia Suka Maju: Cara Menganalisa Masalah Untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada, baik dalam kehidupan pribadi, pekerjaan ataupun masyarakat luas, maka diperlukan terlebih ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >